Selasa, 22 Oktober 2013

Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog di Blogger

Syarat utama sebelum Anda membuat blog di blogger adalah memiliki alamat email yang masih aktif, jika Anda belum membuat email, silahkan baca tutorialnya di cara membuat email di gmail atau membuat email di yahoo. Sekarang saya asumsikan bahwa Anda sudah memiliki alamat emai di gmail, untuk itu kita langsung saja untuk membuat blog.

1. Silahkan Anda kunjungi http://blogger.com/

2. Kemudian lihat di kanan bawah, rubah bahasa menjadi bahasa indonesia agar lebih mudah


cara bikin blog

3. Masuk/login menggunakan username/nama pengguna serta password gmail anda ( akun email anda bisa juga untuk login ke blogger).

membuat blog

4. Isilah formulir data Anda yang terlampir seperti:

  • Nama tampilan : isi dengan nama yang akan ditampilkan pada profile blog anda.
  • Jenis Kelamin : pilih jenis kelamin Anda, misalnya: Pria.
  • Penerimaan Persyaratan : Ceklis sebagai tanda anda setuju dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak blogger. Sebaiknya baca terlebihdahulu persyaratan dan ketentuan yang diberikan pihak blogger agar Anda mengerti.

5. Klik tanda panah bertuliskan “Lanjutkan”. Kemudian klik "Blog Baru"

cara bikin blog gratis

6. Selanjutnya isi formulir data blog Anda pada form yang disediakan seperti:

  • Judul : Isi dengan judul blog yang Anda inginkan, misal : Panduan dan Tutorial Blogger
  • Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan.
  • Template : pilih template (tampilan blog) yang Anda disukai
7. Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog!”.

cara buat blog

8. Sampai tahap ini blog Anda sudah selesai dibuat, namun untuk menghindari anggapan spam oleh google sebaiknya anda mulai membuat artikel, minimal 1 postingan. Untuk membuat postingan/artikel ikuti tutorial blog berikut ini.

9. Klik tulisan "Mulai memposkan

tutorial blog

10. Isi judul dan artikel yang ingin Anda postkan di blog

buat blog gratis

11. Setelah tulisan Anda selesai lalu klik "pratinjau" untuk melihat hasil sementara, jika sudah sesuai maka klik "publikasikan"

 Cara Membuat Blog di WordPress

Untuk mulai membuat blog di WordPress pertama kita harus membuat account di WordPress. WordPress memiliki 2 versi blog antara lain:
  1. Blog Berbahasa English (Daftar Blog WordPress Bahasa Inggris)
  2. Blog Berbahasa Indonesia (Daftar Blog WordPress Bahasa Indonesia)
Terserah anda ingin mendaftar blog wordpress yang mana yang mana, ini hanya untuk mempermudah anda pada pengaturan bahasa pada blog anda nantinya. Kemudian isikanlah data-data yang diminta pada form pendaftaran. Yang perlu diingat adalah alamat Email harus valid (benar), karena melalui alamat email inilah password kita akan diberikan. Pilihan Gimme a Blog maksudnya adalah : jika kita memilih ini maka nama user yang kita gunakan akan menjadi bagian alamat URL blog kita nantinya.
Contoh jika nama user yang dimasukkan adalah namasaya maka alamat URL kita nantinya menjadi namasaya.wordpress.com. Jika kita memilih Just a username, please maksudnya : kita bisa mengkonfigurasi alamat URL blog secara manual nantinya.
Penting!! : WordPress tidak seperti Blogspot yang memberikan kesempatan bagi kita untuk mengubah alamat URL blog, sekali alamat tersebut dibuat maka kita tidak bisa mengubahnya lagi. Karena itu pikirkanlah baik-baik dalam menentukan alamat URL ini.
Tips : Usahakan carilah alamat URL blog yang mudah diingat dan sesuai dengan topik dari blog tersebut karena ini dapat memberikan anda peringkat terbaik pada search engine. Klik tombol Next >> jika sudah menetapkan pilihan.
Setelah kita mengklik tombol Next >> WordPress akan mengirimkan nama user dan password untuk login ke email yang kita isikan sebelumnya. Bukalah email tersebut dan cari yang nama pengirimnya WordPress.com, jika belum ada email tersebut tunggu beberapa saat.
Sambil menunggu kita bisa memasukkan data diri pada form yang ditampilkan selanjutnya, klik tombol Save Profile jika sudah selesai.
Sekarang cek lagi email anda, biasanya email yang dikirim WordPress sudah sampai. Buka dan klik pada link yang diberikan untuk mengaktifkan account yang baru saja dibuat. Maka akan mucul tampilan yang berisi pemberitahuan bahwa account kita sudah diaktifkan.
Sekarang kita sudah bisa login menggunakan nama user dan password yang diberikan. Masukkan nama user dan password, klik tombol Login. Selanjutnya kita akan dibawa menuju halaman depan dari WordPress.
Untuk masuk ke Dashboard carilah menu dropdown yang bertuliskan My Account. Lalu pilih Global Dashboard. Dashboard merupakan panel utama kita untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan blog.
Sekarang kita bisa mulai mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan Blog melalui layar Dasboard ini. Dari sisi tampilan ternyata WordPress memang lebih menyenangkan dan nyaman untuk dilihat. Ini juga yang menjadi salah satu faktor yang membuat WordPress disukai.

Cara Membuat Blog Lewat Hp (Opera Mini)

Dan berikut cara membuat blog menggunakan opera mini :
- Pertama masuk dulu ke www.mywapblog.com , setelah masuk ke halaman depan mywapblog, silahkan klik register.
- Silahkan isi formulir pendaftaran, pilih juga nama domain sesuai keinginan.
Nama domain ini akan menjadi nama belakang di blog kita nantinya. contoh jika user name'nya "diariema" dan memilih "pun.bz" sebagai domainnya, maka alamat blog nantinya akan menjadi http:// diariema.pun.bz .
Setelah selesai mengisi formulir silahkan klik "register".
- Setelah itu masuk dulu ke akun email, dan lihat email dari mywapblog. Klik link dari email tersebut. - Kemudian silahkan login menggunakan user name dan password seperti pada formulir pendaftaran tadi (register)
- Klik dashboard untuk memulai proses blogging,
- Untuk mulai membuat postingan silahkan klik "post" pada menu add.
- Untuk melihat hasil postingan/ melihat blog, silahkan klik "view blog"

Itulah beberapa petunjuk membuat blog. Semoga dapat membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar